Tuesday, July 10, 2012

Buat PASPOR ?

Hari ini aku mau berbagi sama kalian semua yang mau lanjutin S1 di luar negri. Karena untuk ke luar negri syarat yang pertama harus memiliki paspor, jadi kali ini aku bakalan posting tentang gimana caranya buat paspor (study). Kebetulan kemarin aku buatnya di Kantor Imigrasi Srengat. Oke check this out !

1. Siapin persyaratan sebelum berangkat ke kantor imigasi terdekat (KTP, KK, ijasah terakhir, formulir, surat keterangan)
2. Fotokopy semuanya, kecuali formulir dan surat keterangan. Oya ukuran fotokopy nya A4, soalnya kemarin aku udah fotocopy semua dari rumah tapi disana suruh fotocopy lagi. Tapi mungkin ini ga sama di setiap kantor imigrasi.
3. Fotocopy persyaratan itu di kopsis imigasi, disana nanti kalian dapet map, formulir, sama surat keterangan orang tua. Bayar sekitar 10rb. (Kalau ga salah) Oya beli juga materei yang 6rb.
4. Sudah? cus .. kalian masuk ke kantornya, mintak nomer antrian ke penjaga di deket pintu.
5. Tunggu sampek di panggil. Kemarin manggilnya sih gini "P-007 PERMOHONAN" udah deh aku langsung menuju loket. Nanti di kasih tau kok loketnya yang mana.
6. Serahin berkasnya. Nanti kalian juga di tanyain tentang motivasi ke luar negri.
7. Kalian bakalan di kasih kayak kwitansi gitu buat bayar pembuatan paspor sama foto. Tapi itu ga langsung sehari sama permohonan. Jadi nunggu 4hr dulu.
8. Kalian kembali setelah 4hr tadi, bayar dan selanjutnya foto (di hari yang sama). Pas foto nih yang paling nge-betein. udah asal cepret aja, ga di aba-abain. huh
Ntar di interview juga. Nama siapa, tinggal dimana, orangtua kerja apa, motivasi ke luar negri apa, dan merembet dahhh
9. Nunggu lagi 4hr, kembali ke kantor dannnnnn paspor jadi. Hore !

Ya begitulah proses berliku pembuatan papor saya. Ingat yaa, sabtu minggu itu mereka libur. Biaya pembuatannya sih sekitar 255rb kalo ga salah. Yaa sekitar itu lahh (no calo)

Semoga bisa bermanfaat buat kalian semua.
Viele Dank :)