Wednesday, July 18, 2012

Account untuk keperluan Study di Jerman

Assalamualaikum Posting kali ini aku mau berbagi pengalaman ke kalian semua tentang "Gimana sih caranya buat account untuk study ke Jerman dan apa aja persyaratan yang di perlukan?"
Kebetulan kemarin aku dapet formulir dari kakak temen ku yang udah disana. Jadi dia kirim email gitu untuk dapetin formulir itu.

Kalian bisa langsung kirim email ke db.student@db.com , nah isi emailnya kayak gini :
- kamu siapa
- tujuan ke jerman ngapain
- tujuan kamu ngirim email ini
- umur kamu berapa
- tulis juga bahwa kalian "meminta formulir ke deutsche bank nya" yang sopan ngomongnya!

Menurut pengalaman ku kemarin, ternyata beda umur beda formulirnya looo. Jadi kalian semua jangan sampek salah nyebutin umurnya. Okey? :)
Alhamdulillah kemarin pas buat account itu pas banget umur ku 18th. Syukur deh. Soalnya yang umurnya kurang dari 18th agak ribet yaa syaratnya.

Untuk umur 18th :
-fotocopy paspor 1lembar
-paspor asli juga harus di bawa
-formulir yang kalian mintak lewat email tadi (isi di rumah, jangan di TTD dulu ntar dsna TTDnya)

 Untuk umur 18th ke bawah :
-fotocopy paspor 1lembar
-paspor asli juga
-formulir yang kalian email tadi (isi di rumah, jangan di TTD dulu ntar dsna TTDnya)
-surat pernyataan, yang isinya menyatakan bahwa ortu kalian mengizinkan kalian study di jerman sana.
-kalo bisa (kayaknya harus) ajak kedua ortu kalian, soalnya di butuhin banget tuh TTD ortu kalian.
-selebihnya aku lupa, coba deh ntar cek di www.jakarta.diplo.de

 Persyaratan udah kelar kan? Pergi ke Dubes, cussss
 Ntar kalian ketemu sama satpam, di tanya tuh, keperluan apa, jawab aja pembuatan account. Masuk deh, masih di periksa dll dll. HP harus mati dan di titipin ke satpam. Jalan terus, di lantai satu di kiri kalian, masuk deh ke ruangan itu. Ambil antrian, jangan lupa !! Ada 3 tombol disana nanti, kalian pencet yang nomer 2.

Terus silahkan kalian menunggu. Oya, di dalem ruangan itu semua pegawainya orang bule jerman, tapi tenang mereka bisa bahasa indonesia kok. Tapi ngomongnya pelan-pelan aja.
Nomer antrian di panggil. Kamu kasih apa yang mereka mintak, fotocopy paspor, formulir sama paspor asli. Terus ntar kalian suruh bayar, aku kemarin dapet IDR240 rb, bayarnya pakek rupiah kok. Tunggu berkas kalian di proses, dan nanti kalian di panngil lagi buat ambil berkas kalian tadi. Jadi ke dubes itu kalian istilahnya mintak stempelnya itu doang.

Next => Kirim yang udah di stempel itu ke DB di Hamburg sana. Lewat DHL biar cepet, ongkosnya kemarin aku dapet 300rb kalo ga salah. Alamatnya udah ada di formulir, tinggal copy paste ajalah. Setelah itu kalian tinggal nunggu konfirmasi dari pihak DB nya, ntar di kirim lewat email kalian. Aku kemarin lumayan cepet kok, hehehe alhamdulillah :) Isinya buanyakk kode nomer nomer gitu, sampek bingung yang di tulis yang mana.

Aku kasih contoh yaa buat kalian yang mau kirim lewat BCA ...
 Di Struk nya kan ada tuh kolom" , A B C D , struk yang warna biru hehehe ..
Kolom A =>
nomor rekening penerima: DE28860..............(IBAN)
nama penerima : nama kalian
alamat penerima : alamat kalian di jerman sana
kota : kota tempat tinggal kalian disana
negara : Germany

Kolom B =>
nama bank : Deutsche Bank
alamat bank : Alter Wall 53 kota : Hamburg 20457
negara bagian : Hamburg
negara : Germany
kode negara : 86070024(BankKode "BLZ") DEUTDEDBLEG(Bank ID Code) 

Kalian nanti di bantu kok sama pegawai bank nya, kalo bisa jangan lewat dari jam 11siang biar uang kalian nyampeknya cepet, bilang juga pengiriman "today". Kemarin aku dapet krusnya IDR 11.750 , berapa jumlah uangnya itu tergantung sama krusnya, tapi taun ini kayaknya 8040eur. Oya uang yang kalian kirim jangan di potong sama biaya pengiriman juga, jadi biar uang kalian tuh utuh 8040eur. Ntar kalian bilang "Full Amount" gituu ... Kayaknya itu aja sih, semoga bermanfaat yaaaaa :)